Sejarah Singkat Iron Fist Dalam Komik Marvel

Sejarah Singkat Iron Fist

Pada tahun 1966, Masutatsu Oyama, pendiri Kyokushin — gaya karate Okinawa yang masih ada dan berkembang hingga hari ini — mengirim salah satu siswa dan guru terbaiknya, Tadashi Nakamura, ke New York City untuk membawa karate ke Amerika Serikat. Nakamura hanyalah satu dari banyak orang yang datang dari Asia ke Amerika Serikat untuk membawa seni bela diri ke negara yang semakin penasaran tentang hal itu. Saya menyebutkannya secara khusus karena ada jalur langsung dari Oyama yang mengirim Nakamura ke Amerika dan studi seni bela diri saya sendiri. Pada tahun 1976, Nakamura membentuk gaya karate sendiri, Seido, dan salah satu murid dan guru terbaiknya – William Oliver – membentuk karate sendiri pada tahun 2001, Kenshikai, dan itulah disiplin yang saya pelajari hari ini.

Pada tahun yang sama ketika Nakamura bepergian ke New York City untuk membuka dojo di sini, seorang pria muda bernama Bruce Lee membintangi sebuah acara TV bernama The Green Hornet. Sementara pertunjukan hanya berlangsung satu musim, dampak Lee sangat luar biasa, dan ia dengan cepat menjadi terkenal sebagai bintang laga. Lee memelopori seni bela diri sendiri, Jeet Kune Do, dan ia segera menjadi sangat populer baik di kalangan akting dan lingkaran seni bela diri. Kematiannya yang tragis pada tahun 1973 hanya meningkatkan legenda. Dan itu sebagian karena legenda bahwa Iron Fist lahir.

Dojo Nakamura dibuka di Brooklyn pada tahun 1966 adalah salah satu dari ratusan yang bermunculan seperti dandelion di seluruh negeri selama dekade berikutnya dan banyak lagi. Film-film seni bela diri mendapatkan daya tarik dalam budaya populer, khususnya di pasar “grindhouse”.

Baik DC dan Marvel lebih dari senang untuk ikut-ikutan. Pada tahun 1973, Marvel memperoleh hak Fu Manchu dari Sax Rohmer, dan menciptakan karakter baru Shang-Chi, Master Kung Fu, putra Fu Manchu yang sebelumnya tidak dikenal yang berjuang untuk kebaikan, tidak seperti ayahnya. Pada tahun 1974, DC membalas dengan Richard Dragon, Kung Fu Fighter, yang awalnya dibuat oleh Denny O’Neil dan Jim Berry dalam novel Dragon Fists, yang kemudian diadaptasi ke dalam alam semesta DC oleh O’Neil.

Dan di antara keduanya, Roy Thomas dan Gil Kane menulis cerita untuk Marvel Premiere # 15 yang memberi kami Danny Rand, a.k.a. Iron Fist.

Perjalanan Iron Fist

Kisah Rand dipinjam secara bebas dari sumber bubur kertas. Seperti Shadow dan Dr. Strange, dia adalah seorang pria kulit putih yang mendapati dirinya berada di “Orient yang misterius,” dan mempelajari cara mereka. Dalam kasus Rand, ketika ia berusia sepuluh tahun, ayahnya Wendell membawanya, istrinya Heather, dan rekan bisnisnya Harold Meachum ke Himalaya untuk mencoba menemukan kota K’un L’un yang hilang, tempat ia tinggal sebagai seorang bocah lelaki . Meachum membunuh Wendell, dan diusir oleh Heather, dan kemudian Heather dibunuh oleh serigala. Danny kecil ditangkap oleh penghuni Kubun Lun, yang hanya bersinggungan dengan dunia kita satu dekade sekali.

Selama sepuluh tahun, Danny Rand dilatih untuk menjadi seniman bela diri, akhirnya mengikuti ujian yang diambil oleh semua siswa terbaik di K’un L’un: untuk bertarung melawan Shou Lao the Undying, seekor naga perkasa yang hatinya telah dihilangkan darinya. tubuh dan ditempatkan di anglo, menjaga naga hidup secara mistis melalui bekas luka berbentuk naga di dada makhluk itu.

Rand menabrak gagasan memblokir bekas luka dengan tubuhnya sendiri, yang membunuh naga — dan juga meninggalkan bekas luka berbentuk naga permanen di dadanya sendiri. Dia kemudian menusukkan tangannya ke anglo, dan sekarang kekuatan hati naga mengalir melalui dirinya. Dia mampu menyalurkan chi-nya — kekuatan hidupnya, pada dasarnya — ke dalam kepalannya, membuatnya seperti benda besi. Oleh karena itu: Iron Fist.

Setelah satu dekade — dan setelah kehilangan dua teman terdekatnya ke Hylthri, orang-orang tanam yang bersumpah sebagai musuh Ku’un Lun — Rand meninggalkan Ku’un Lun dan kembali ke New York City. Dia ingin membalas dendam pada Harold Meachum karena membunuh ayahnya (dan secara tidak sengaja menyebabkan kematian ibunya). Sementara itu, Davos, a.k.a Ular Baja — anak lelaki yang melatih Rand, dan yang mengingini tinju besi — juga melakukan perjalanan ke New York untuk membunuh Rand dan mengklaim tinju besi.

Sepanjang jalan, Rand membuat beberapa teman, termasuk mantan polisi wanita Misty Knight dan swordwoman Colleen Wing. Belakangan, ia dan Luke Cage disatukan, dan mereka menjadi mitra Pahlawan untuk Dipekerjakan — dan teman baik. Selain itu, Rand memulai hubungan dengan Knight, salah satu romansa antar-ras pertama (dan beberapa) dalam komik arus utama.

Debut Akhirnya Dengan Marvel

Setelah debutnya di Marvel Premiere, di mana ia ditulis oleh Thomas, Tony Isabella, Len Wein, dan Doug Moench, Rand mendapatkan buku komiknya sendiri. Itu hanya berlangsung lima belas masalah, meskipun memiliki silsilah yang mengesankan, seperti yang ditulis oleh Chris Claremont dengan seni oleh John Byrne, tim kreatif di balik zaman keemasan komik X-Men. Claremont dan Byrne menyelesaikan alur cerita Steel Serpent (yang dibiarkan tergantung oleh pembatalan) di Marvel Team-Up, kemudian mereka berdua mengambil alih Power Man dan membawa Iron Fist sebagai rekannya.

Power Man dan Iron Fist bertahan selama tujuh puluh lima masalah lagi sebelum dibatalkan pada tahun 1986, yang telah ditulis oleh Claremont, Ed Hannigan, Jo Duffy, Denny O’Neil, Kurt Busiek, Steven Grant, Isabella, dan Jim Owsley (hari ini) dikenal sebagai Christopher Priest). Dalam edisi terakhir, Iron Fist terbunuh. Dia kemudian dipanggil kembali untuk hidup (orang yang terbunuh dalam Power Man dan Iron Fist # 125 adalah seorang Hylthri yang menyamar sebagai Rand, yang tidak pernah benar-benar masuk akal, tetapi itu membawa karakter kembali, jadi apa pun) di Namor the Sub- Mariner (ditulis dan digambar oleh Byrne), dan terus muncul secara teratur di Marvel Universe sejak saat itu. Dia membintangi gelarnya sendiri lagi, The Immortal Iron Fist, yang bertahan hampir dua kali selama judul terakhirnya (27 edisi), ditulis oleh Ed Brubaker, Matt Fraction, dan Dwayne Swierczynski, dan dia memiliki banyak miniseri. Dia juga muncul di sejumlah buku tim, setelah menjadi anggota kelompok Heroes for Hire yang besar dalam gelar berumur pendek itu, dan juga menjadi bagian dari tim bawah tanah New Avengers yang dipimpin oleh Captain America selama alur cerita Perang Sipil pertama. Selain itu, Rand menghabiskan beberapa waktu menyamar sebagai Daredevil.

Saat ini, Cage dan Rand kembali bersama dalam buku komik Power Man dan Iron Fist baru, dan ada juga komik Iron Fist baru bulan ini yang ditulis oleh Ed Brisson.

Akhirnya, terungkap bahwa Rand adalah yang terbaru dalam barisan panjang Iron Fists selama beberapa dekade, dan dia bertemu beberapa dari mereka.

Sangat sedikit pahlawan seni bela diri yang berkembang sejak masa kejayaan kung-fu-menggila pada 1970-an. Shang-Chi jatuh ke dalam ketidakjelasan, hanya baru-baru ini dihidupkan kembali, Richard Dragon terutama tetap menjadi karakter latar belakang, dan pahlawan seni bela diri lainnya seperti Sons of the Tiger tidak pernah benar-benar lepas landas.

Tapi Iron Fist telah bertahan. Bukan sebagai pemain utama, tentu saja, tetapi pemain pendukung yang sangat kuat. Setidaknya sebagian karena ia memiliki kualitas ikan di luar air. Dia adalah seseorang yang tidak pernah benar-benar cocok dengan K’un Lun, tetapi ketika dia kembali ke New York, dia juga tidak pernah benar-benar cocok di sana. Dia orang Amerika kulit putih yang kaya tetapi dia menganut filosofi Asia yang sangat asketis.

Ditambah lagi, dia memiliki kekuatan super yang menarik secara visual, lengkap dengan kekuatan besar dan tangan yang bersinar.